Discover - Shoot - Learn - Revolution

Migrasi GNU/linux (FOSS)

Opini

Post Page Advertisement [Top]

gambar jenis-jenis software
 

Kita hidup dizaman dimana pekerjaan atau aktivitas yang kita lakukan semakin dipermudah karena semakin berkembangnya teknologi, tidak terkecuali bagi kita yang bekerja menggunakan sebuah komputer. Dalam sebuah komputer terdapat berbagai software yang siap mempermudah penggunanya dalam mengoperasikannya, baik yang bisa kita lihat tampilannya (UI) atau tidak bisa kita lihat tampilannya tetapi bisa kita rasakan manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa jenis software beserta penjelasan singkatnya:

 

1. Software Aplikasi
Software aplikasi adalah software yang memiliki fungsi tertentu atau bisa dikatakan software yang memanfaatkan kemampuan komputer untuk melakukan tugas yang diinginkan oleh pengguna. Misal jika kita ingin membuat tulisan maka kita bisa menggunakan LibreOffice Writer, membuat agenda bisa memggunakan LibreOffice Calc, mengedit foto bisa menggunakan Gimp, membuat desain grafis bisa menggunakan Inksacape, membuat atau mengedit video bisa menggunakan Kdenlive, dst.

 

Terkadang ada beberapa aplikasi yang digabung menjadi satu paket, disebut jugaa paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah LibreOffice yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, angka, desain, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi yang tergabung dalam satu paket biasanya memiliki tampilan atau antarmuka pengguna yang mirip sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan aplikasi tersebut. Dan sering kali mereka memiliki kemampuan berinteraksi satu sama lain sehingga memudahkan penggunanya. 

 

2. Software Sistem Operasi
Diantara bagian terpenting dari suatu komputer adalah Sistem Operasi yang dimana ia bertugas sebagai pengelola sumber daya suatu komputer. Yang dimaksud sumber daya secara singkat adalah spesifikasi suatu komputer, seperti jumlah ram, CPU yang digunakan, baterai dan sebagainya.

 

Dari sini kita sudah tahu apa itu software sistem operasi, yaitu software yang berfungsi mengatur dan mengontrol hardware (ind: perangkat keras) dan operasi-operasi dasar sistem, juga bertugas untuk menjalankan software aplikasi. Atau bisa disimpulkan pula sebagai perangkat lunak untuk mengelola sumber daya komputer dan perangkat lunak yang berperan sebagai penyedia layanan guna memudahkan pengguna dalam mengoperasikan komputer dan memberikan kenyamanan dalam penggunaannya.

 

3. Software Pengendali Perangakt Keras (Driver)
Driver adalah suatu perankat lunak yang mengenalkan perangkat keras (Hardware) dengan perangkat lunak sistem, sehingga perangkat lunak sistem dapat berkomunikasi dengan perangkat keras tersebut dan dapat mengelolanya sebagai salah satu dari sumber daya yang dapat digunakan oleh suatu komputer.

 

4. Software Firmware
Firmware adalah perangkat lunak atau program yang bersifat tetap yang tertanam pada sebuah perangkat keras . Secara umum firmware dan software itu memiliki kesamaan yaitu mengelola sumber daya perangkat keras dan yang membedakan keduanya adalah firmware tidak dapat memperbarui atau berevolusi sendiri ketika terjadi masalah fungsionalitas tetapi kita yang harus memodifikasinya namun juga ada beberapa firmware yang tidak dapat diubah tergantung pada penggunaan jenis ROM. Ada dua jenis ROM sebagai penyimpanan firmware yaitu yang bersifat read-only dan read-write. ROM yang bersifat read-only tidak dapat diubah firmwarenya atau apapun yang tersimpan didalamnya, sedangkan ROM yang bersifat read-write maka bisa diubah. Contoh dari firmware diantaranya MP3 Player, kalkulator, UEFI, BIOS, dsb.

 

Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Jangan Gunakan Emotikon Atau Sejenisnya

Bottom Ad [Post Page]

| Original Design by Colorlib