Discover - Shoot - Learn - Revolution

Migrasi GNU/linux (FOSS)

Opini

Post Page Advertisement [Top]

cover Sejarah Singkat Free Software

Pada 1950-an, 1960-an dan 1970-an, suatu perangkat lunak dapat dibagi penggunaannya secara bebas oleh pengguna-pengguna komputer. Industri perangkat keras sangat diuntungkan karena dengan dibuatnya suatu perangkat lunak yang berjalan di atas perangkat keras yang mereka buat, menjadikan perangkat keras mereka berguna. Pada 1970-an dan akhir 1980-an, perusahaan-perusahaan pembuat perangkat lunak mulai menggunakan hak cipta untuk melarang penggunaan perangkat lunak berbagi, dan mulai menyebarkan perangkat lunak dalam format biner (format terkompilasi) dan bukannya dalam kode sumber untuk mencegah perangkat lunak untuk dapat dipelajari atau dimodifikasi.Pada 1983, Richard Stallman meluncurkan proyek GNU setelah merasa frustasi dengan efek yang ditimbulkan dari perubahan budaya industri komputer dan pengguna-penggunanya. Pengembangan perangkat lunak sistem operasi GNU dimulai pada Januari 1984, dan Yayasan Perangkat Lunak Bebas (FSF) didirikan pada Oktober 1985. Ia memperkenalkan definisi perangkat lunak bebas dan "copyleft", yaitu sebuah model lisensi yang memastikan kebebasan dalam hal penggunaan perangkat lunak bebas bagi semua orang.

 

Pada 1983, Richard Stallman meluncurkan proyek GNU setelah merasa frustasi dengan efek yang ditimbulkan dari perubahan budaya industri komputer dan pengguna-penggunanya. Pengembangan perangkat lunak sistem operasi GNU dimulai pada Januari 1984, dan Yayasan Perangkat Lunak Bebas (FSF) didirikan pada Oktober 1985. Ia memperkenalkan definisi perangkat lunak bebas dan "copyleft", yaitu sebuah model lisensi yang memastikan kebebasan dalam hal penggunaan perangkat lunak bebas bagi semua orang.

 

Perangkat lunak bebas merupakan upaya besar dari dunia internasional untuk menghasilkan perangkat lunak yang digunakan oleh individu, perusahaan besar dan lembaga pemerintah. Perangkat lunak bebas memiliki penetrasi pasar yang tinggi dalam aplikasi server Internet seperti Apache HTTP Server, sistem basisdata MySQL, dan bahasa skrip PHP. Paket besar perangkat lunak bebas juga tersedia seperti GNU/Linux dan FreeBSD. Pengembang-pengembang perangkat lunak bebas juga telah membuat versi bebas dari aplikasi-aplikasi dekstop yang umum digunakan seperti penjelajah web, paket perkantoran dan pemutar multimedia. Tetapi perlu dicatat bahwa dalam banyak kategori, perangkat lunak bebas yang digunakan untuk pengguna-pengguna individu atau pengguna rumahan hanya memiliki porsi kecil dari pasar yang lebih banyak dikuasai oleh perangkat lunak berbayar. Kebanyakan perangkat lunak bebas didistribusikan secara online dan gratis, atau secara off-line dengan dikenai sejumlah biaya untuk distribusi.Keuntungan ekonomis dari model perangkat lunak bebas telah diakui oleh beberapa perusahaan besar seperti IBM, Red Hat, dan Sun Microsystems. Banyak perusahaan yang bisnis intinya tidak berada dalam sektor teknologi informasi memilih perangkat lunak bebas sebagai solusi Internet mereka karena investasi yang rendah dan kebebasan untuk kustomisasi.

 

Keuntungan ekonomis dari model perangkat lunak bebas telah diakui oleh beberapa perusahaan besar seperti IBM, Red Hat, dan Sun Microsystems. Banyak perusahaan yang bisnis intinya tidak berada dalam sektor teknologi informasi memilih perangkat lunak bebas sebagai solusi Internet mereka karena investasi yang rendah dan kebebasan untuk kustomisasi.

 

Di antara dokumen penting sejarah free software sebagai berikut:

  • Pengumuman Proyek GNU oleh Richard Stallman: http://www.gnu.org/gnu/initial-announcement.en.html.
  • Pengumuman GNU Manifesto oleh Richard Stallman: http://www.gnu.org/gnu/manifesto.en.html.
  • Pengumuman Proyek Kernel Linux oleh Linus Torvalds: http://groups.google.com/group/comp.os.minix/msg/b813d52cbc5a044b?dmode=source “What would you like to see most in minix?” dari newsgroup comp.os.minix.
  • Ringkasan sejarah free software dan GNU oleh FSF: http://www.gnu.org/gnu/gnu-history.en.html.
 

Cakupan

Tahun

Kejadian

Pelaku

Era UNIX®

1965

Proyek MULTICS dikerjakan oleh General Electric dan AT&T di Amerika Serikat.

General Electric, MIT, AT&T

1969

AT&T mundur dari proyek MULTICS.

AT&T

Empat orang dari AT&T tidak mundur dari proyek MULTICS.

Ken Thompson, Dennis Mitchie, Douglas McIlroy, dan Joe Osanna

1970

Proprietary software mulai marak di USA.

Vendor, industri software, individual.

Setelah UNIX®

1983

Proyek GNU diumumkan.

Richard Stallman.

1984

Proyek GNU dimulai.

Richard Stallman dkk.

1985

Free Software Foundation didirikan. GNU Manifesto dipublikasikan.

Richard Stallman dkk.

1989

GNU GPL 1.0 selesai.

Free Software Foundation.

1991

Proyek kernel “Freax” dimulai.

Linus Torvalds.

Freax berubah nama menjadi Linux.

Ari Lemmke, Linus Torvalds.

1992

Kernel Linux berubah lisensi dari proprietary menjadi free software.

Linus Torvalds.

1993

Slackware, sebuah sistem operasi komposisi GNU/Linux yang pertama, dibuat.

Patrick Volkerding


Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Jangan Gunakan Emotikon Atau Sejenisnya

Bottom Ad [Post Page]

| Original Design by Colorlib