Discover - Shoot - Learn - Revolution

Migrasi GNU/linux (FOSS)

Opini

Post Page Advertisement [Top]

cover Wujud Software

Sekian lama kita menggunakan software, pernahkah terbesit di benak kita tentang seperti apakah wujud atau bentuk sebuah software itu? Apakah seperti yang selama ini kita lihat dilayar komputer, Hp atau teknologi lain yang sejenis? Jawabannya tentu tidak, yang selama ini kita lihat di layar komputer, Hp atau teknologi lain yang sejenis disebut sebagai antarmuka pengguna atau dikenal dengan UI (User Intarface). Agar tidak memperlama pembahasan kita langsung saja sebutkan bahwa wujud sebuah software itu ada 2, source code (Ind: Kode Sumber) dan binary code (Ind: kode biner).

 

1. Source Code
Source code adalah sebuah teks yang ditulis dengan bahasa indonesia (umumnya menggunakan bahasa inggris) dan dikombinasikan dengan matematika yang dimana teks tersebut ditulis dengan aturan tertentu yang menentukan bagaimana komputer berperilaku apabila software tersebut dijalankan. Untuk menulis source code dibutuhkan sebuah ilmu yang dinamakan “pemrograman” dan dalam aturan tertentu disebut “bahasa pemrograman”. Source code bisa kita tulis hanya di lembaran kertas biasa atau di komputer yang nantinya kita simpan dalam bentu data plain text. Source code itu tidak dapat dijalankan oleh komputer. Contoh format dari source code digital yaitu: .txt, .cpp, .py, .sh, .html.

 

2. Binary Code
Binary code adalah sebuah data digital yang berisi kode-kode bahasa mesin yaitu berupa angka 0 dan 1, yang dimana kode tersebut dapat dijalankan langsung oleh komputer untuk melakukan tugas tertentu. Binary code ini diperoleh dari menterjemahkan source code dengan teknik bernama “compiling” dengan perangkat yang disebut sebagai “compiler” atau “interpreting” dengan perangkat “interpreter”. Contoh format dari binary code yaitu: .exe, .deb, .rpm, .dmg.

 

Sifat Wujud Software
dari penjelasan sebelumnya bisa kita tarik kesimpulan bahwa dua wujud software memiliki sifat yang pasti dan universal, berlaku untuk semuanya tanpa terkecuali:

  • source code bisa diubah menjadi binary, tetapi tidak sebaliknya.
  • software yang berjalan dikomputer pasti berwujud binary code
  • komputer hanya mampu menjalankan software dalam bentuk binary code
  • komputer tidak bisa menjalankan software dalam bentuk binary code
  • yang disebut software adalah binary code
  • tanpa source code tidak ada software

Contoh: jika kita sekarang menjalankan libre office maka program ini pasti sudah berbentu binary code, karena komputer bisa menjalankanya. Adapun source code maka kita dapat memperolehnya sendiri misal dari situs resminya.

 

Sumber : https://restava.wordpress.com/2017/04/01/dua-wujud-software/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Jangan Gunakan Emotikon Atau Sejenisnya

Bottom Ad [Post Page]

| Original Design by Colorlib