Discover - Shoot - Learn - Revolution

Migrasi GNU/linux (FOSS)

Opini

Post Page Advertisement [Top]

cover Gunakan Dan Dukung Format Dokumen Terbuka ODF
 

1. Apa itu Format Dokumen Terbuka?
Open Document Format (ODF, OpenDocument) adalah format terbuka untuk dokumen digital. Ini terdiri dari ODT untuk pengolah kata, ODS untuk spreadsheet, ODP untuk presentasi, dan banyak lagi. Sangat populer untuk menjadi format dokumen default LibreOffice. Ini adalah format terbuka yang sebanding dengan Microsoft Document OOXML (DOCX / XLSX / PPTX). Ini adalah penjelasan non-teknis.


Formar Dokumen Terbuka untuk aplikasi Office (ODF) adalah format standar OASIS Consortium‘s [https://www.oasis-open.org/] berbasis XML untuk pengolah kata, spreadsheet, dan aplikasi presentasi yang telah diterima sebagai standar ISO ISO / IEC 26300 [http://www.iso.org/iso/home/store/catalogue_tc/catalogue_detail.htm?csnumber=43485]. ODF didasarkan pada format dokumen Sun Microsystem untuk OpenOffice.org. Dokumentasi teknis dan Spesifikasi teknis Open Document Format (ODF) dapat diunduh di bawah ini. Ini adalah penjelasan secara teknis.

Untuk penjelasan lebih rinci tentang ODF, lihat di sini:

 

2. Mengapa Open Document Format itu Penting?
Karena ODF adalah format terbuka paling netral vendor untuk dokumen digital [TDF, OOXML]. Artinya tidak ada yang mematenkan spesifikasi format, itu adalah format bebas royalti, tidak ada satu vendor pun yang dapat mengunci format file dokumen, itu berarti siapa pun diizinkan untuk membuat perangkat lunak apa pun tanpa risiko paten selamanya, dan itu berarti dapat dibaca / ditulis dalam aplikasi apa pun di seluruh dunia.

  • Untuk pemerintah: penting untuk menggunakan ODF [Swapnil, OOXML] [Wikibooks, Benefit] [OpenDocument Fellowship, Government] karena jika pemerintah menggunakan format yang dibebani paten (dan sebagai konsekuensinya juga menggunakan perangkat lunak berpemilik) untuk memanipulasi dokumen negara, Tidak ada jaminan dokumen rahasia negara tidak akan bocor ke vendor. Tidak ada jaminan jika format / vendor software tidak dapat membaca atau tidak dapat mengunci aplikasi software dan selanjutnya mengunci file dokumen. Tidak ada jaminan bahwa vendor tidak dapat mengubah dari jarak jauh semua dokumen rahasia yang dibuat menggunakan format dokumen dan perangkat lunak berpemilik tersebut. Selain itu, sangat penting bagi pemerintah untuk memastikan tidak ada penduduk negara yang dapat didiskriminasi [OASIS, Benefit] dalam akses data karena format dokumen atau terpaksa membeli produk tertentu dari vendor tertentu [OpenForumEurope, Government].
  • Untuk end user: perlu menggunakan ODF (dan salah satu konsekuensinya adalah menggunakan Free Software / Open Source) karena kompatibilitasnya dengan software lain. ODF tidak dipatenkan, terlebih lagi LibreOffice adalah Perangkat Lunak Gratis sehingga tidak ada algoritma untuk membaca / menulis ODF yang dipatenkan. Dengan menggunakan ODF, seseorang membantu komunitas FOSS dan juga membantu ODF dikenal luas.

 

3. Aplikasi Apa Yang Mendukung Format Dokumen Terbuka?
LibreOffice dan rekan-rekannya. Mereka adalah Perangkat Lunak Gratis, seperti:

Mereka aman digunakan. Dan format dokumen asli mereka juga aman.

 

4. Apa itu OOXML?
Office Open XML (OOXML) adalah format dokumen digital dari Microsoft untuk pengolah kata, spreadsheet, dan presentasi. Ini terutama terdiri dari tiga format: DOCX, XLSX, dan PPTX. Mereka populer karena format dokumen default di Microsoft Office 2007 dan yang lebih baru. Ini adalah penjelasan non-teknis.


Office Open XML (OOXML) adalah format file dokumen berbasis XML dari Microsoft terutama untuk pengolah kata, spreadsheet, dan aplikasi presentasi. Format ini distandarisasi oleh ECMA (ECMA-376 [http://www.ecma-international.org/publications/standards/Ecma-376.htm]) lalu oleh ISO dan IEC (ISO / IEC 29500 [http://www.iso.org/iso/catalogue_detail?csnumber=51463]). Spesifikasi teknis Office Open XML dapat diunduh di http://www.ecma-international.org/publications/standards/Ecma-376.htm. Ini adalah penjelasan teknis.

Untuk penjelasan lebih rinci, lihat di bawah atau lihat bagian 1 di atas.

 

5. Mengapa Format Microsoft OOXML Perlu Dihindari?

  • OOXML tidak kompatibel secara luas dengan aplikasi perangkat lunak lain, yang terbaik dalam membaca / memodifikasi dengan sempurna hanya produk Microsoft itu sendiri yaitu Microsoft Office. Bahkan versi Microsoft Office yang berbeda tidak dapat atau sulit untuk membaca format OOXML yang sama dari versi sebelumnya atau versi yang lebih tinggi [Wikipedia, OOXML] [Swardley, OOXML] [OIDBD, OOXML] [ICTS, OOXML] [Robweir, OOXML] [Office, OOXML].
  • OOXML terbebani dalam paten perangkat lunak [NOOOXML, Ambush]. Itu berbahaya bagi Perangkat Lunak Bebas dan komunitas Sumber Terbuka. Mengapa paten berbahaya? Baca di bawah.
  • OOXML dilindungi oleh Microsoft Promises [Wikipedia, Promise] yang tidak selamanya mencakup [Arstechnica, Paten]. Microsoft berjanji "tidak akan menuntut" hanya untuk format "saat ini" dari OOXML, jadi tidak ada jaminan Microsoft akan menepati janji mereka untuk versi terbaru dari format OOXML yang dibebani paten.
  • OOXML terdiri dari 6000 halaman [ECMA, 376] dokumen (untuk membandingkannya, POSIX / SUSv3 [Wikipedia, SUS] hanya 3700 halaman) sehingga sangat sulit bagi pengembang Perangkat Lunak Gratis untuk membuat filter yang sempurna untuk membaca / menulis ke OOXML.
  • http://www.fsf.org/campaigns/opendocument/reject: halaman ini menjelaskan mengapa lebih baik menolak Microsoft Office.
  • OOXML adalah standar kedua yang disetujui oleh ISO setelah ODF. Kami hanya membutuhkan satu standar.
  • Baca artikel Wiki Yayasan Linux ini https://wiki.linuxfoundation.org/en/Architects_on_OOXML menyebutkan banyak pernyataan ahli arsitektur perangkat lunak GNU / Linux tentang OOXML. Mereka (pengguna Free Software) yang mencari pernyataan ahli harus membaca ini.

 

6. Mengapa Paten Perangkat Lunak Berbahaya?
Silakan baca tautan yang lebih sesuai yang disebutkan di bawah ini yang menjelaskan betapa berbahayanya paten. Saya menyarankan Anda untuk membaca secara berurutan nomor demi nomor di bawah ini.

 

7. Apakah Saya Atau Anda Sendirian Dengan Masalah Paten Ini?
Tidak. Setiap komunitas dan perusahaan besar di lingkup GNU / Linux mengetahui masalah ini. Harap baca kebijakan pertahanan mereka terhadap paten perangkat lunak.

Di luar mereka juga terdapat organisasi yang menangani masalah paten terhadap Free Software / Open Source. Ini belum semuanya, tapi hanya yang bisa saya kumpulkan untuk saat ini.

  • ESP: http://endsoftpatents.org: proyek internasional untuk menghilangkan paten perangkat lunak.
  • ESP Wiki: http://en.swpat.org/wiki: wiki khusus untuk penghapusan paten perangkat lunak oleh ESP.
  • Penghapus Paten EFF: https://www.eff.org/patent-busting: proyek global Electronic Frontier Foundation untuk menghilangkan paten perangkat lunak.
  • FFII: Foundation for a Free Information Infrastructure, sebuah organisasi kolaborasi di seluruh dunia yang menolak paten perangkat lunak.

 

8. Apakah Saya Atau Anda Sendirian untuk Mempromosikan ODF?
Tidak. Ada banyak organisasi khusus yang dibentuk untuk menghadapi masalah ini. Apakah mereka mengembangkan perangkat lunak untuk mendukung ODF, atau mereka melakukan hal-hal mendasar tentang ODF, atau mereka melakukan tujuan pendidikan untuk mempromosikan ODF. Mereka adalah:

 

9. Jadi Apa Yang Dapat Saya/Anda/Kita Lakukan?
Pengguna akhir:

  • Gunakan LibreOffice di setiap sistem operasi (termasuk Windows, Mac OS X, BSD, atau sistem operasi lainnya). Atau, gunakan pengiring lainnya yang disebutkan sebelumnya.
  • Simpan sebagai dalam format ODF (.odt, .ods, .odp).
  • Kirim lampiran email sebagai format ODF. Tidak dalam format Microsoft OOXML. Microsoft Office 2010 dan yang lebih baru dapat menyimpan dan mengedit ODF.
  • Tolak dengan sopan lampiran email .docx (OOXML) yang dikirim oleh orang lain.
  • Dorong orang untuk menginstal LibreOffice di setiap sistem operasi yang memungkinkan. Atau, pasang pengiringnya yang lain.
  • Dorong orang untuk menggunakan ODF juga.
  • Mendidik orang-orang seperti (atau lebih dari) artikel ini memberi tahu Anda tentang pentingnya ODF.

Perusahaan:

  • Jika Anda adalah perusahaan besar, Anda dapat mempertimbangkan untuk mendukung ODF dengan secara resmi menggunakan ODF sebagai format dokumen perusahaan Anda atau menyumbang untuk proyek pengembangan LibreOffice. Tentu saja Anda juga bisa menyumbang ke rekannya yang lain.
  • Jika Anda menyediakan layanan perangkat lunak, Anda dapat mempertimbangkan untuk mendukung ODF sebagai format dokumen layanan Anda. Misalnya, jika Anda memiliki layanan berbasis web (berbasis server), tambahkan dukungan baca / modifikasi dokumen ODF.

 

Tautan Penting

 

Referensi

 

Diterjemahkan dari: https://linuxdreambox.wordpress.com/2016/01/10/support-open-document-format/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Jangan Gunakan Emotikon Atau Sejenisnya

Bottom Ad [Post Page]

| Original Design by Colorlib